Cara Menarik Data Siswa/ Peserta Didik di Dapodikdasmen

Cara Menarik Data Siswa di Server Dapodikdasmen  ~ Salah satu fitur baru untuk Dapodikdasmen 2016 ialah operator sekolah bisa menarik data siswa di server dapodikdasmen, maksudnya untuk siswa baru kelas X di tingkat SMA/SMK, bisa menarik biodata siswa baru dari sekolah/SMP asal melalui server dapodikdasmen dengan mencari SMP asal tersebut, sedangkan untuk siswa baru kelas VII tingkat SMP bisa dengan cara menarik data siswa di dapodikdasmen melalui sekolah asal/SD sebelumnya. Dengan Cara Menarik Data Siswa/ Peserta Didik di Dapodikdasmen ini tugas anda dalam menginput biodata siswa akan lebih ringan, karena tidak perlu menginput satu per satu, sekarang yang perlu di siapkan anda sebagai operator sekolah ialah nama siswa/peserta didik, tanggal lahir, nama ibu kandung, serta sekolah asal.

Cara Menarik Data Siswa / Peserta Didik di Dapodikdasmen 
Untuk cara menarik data siswa baru dari sever dapodikdasmen, silahkan baca dan pahami langkahlangkahnya berikut ini.

  • Setelah itu akan tampil menu akses operator dapodikdasmen, disitu anda di minta untuk mengisikan username, password dan kode registrasi operator sekolah seperti yang di dapodikdasmen, lalu klik tanda panah merah sisi kanan/klik enter.

  • Jika berhasil maka akan tampil halaman profil sekolah lengkap seperti ini

  • Pada bagian sisi kiri bawah ada menu Tarik Peserta Didik, silahkan di klik

  • Pada bagian form sebelah kiri (Sekolah asal) silahkan pilih sesuai sekolah asal anak yang bersangkutan, mulai dari Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, serta nama sekolah asal siswa. Lalu jika sudah menemukan/memilih sekolah asal di bagian form peserta didik, ada tiga cara yang bisa anda pergunakan untuk menarik data peserta didik yakni berdasarkan NISNnya, Nama siswa, atau nama ibu kandung. Silahkan isikan salah satu diantara NISN, Nama, atau Nama Ibu Kandung siswa lalu klik Tombol CARI PESERTA DIDIK

  • Jika data yang anda masukkan benar, maka akan muncul ringkasan biodata siswa tersebut (NISN, Nama, tanggal lahir, Nama Ibu Kandung siswa), agar bisa mutasi masuk ke sekolah anda klik konfirmasi (tombol bulat warna biru) disisi kanan data siswa.
  • Dan jika sudah yakin akan biodata siswa baru, silahkan klik tombol KONFIRMASI PROSES MUTASI.

Jika sudah melakukan proses menarik data siswa/peserta didik di server dapodikdasmen seperti diatas, data siswa tidak merta lansung masuk ke Dapodikdasmen, anda harus mensinkronkan Dapodikdasmen anda ke server dapodikdasmen pusat agar data siswa bisa masuk ke program dapodikmen lokal anda.

Terkait Cara Menarik Peserta Didik Dapodikdasmen Operator Sekolah Siswa Lihat Juga

Cara Menarik Data Siswa/ Peserta Didik di Dapodikdasmen
4/ 5
Oleh