Contoh Soal USBN Sejarah Indonesia Kur 2013 untuk SMK /MAK 2019

Contoh Soal USBN Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 untuk SMK atau MAK untuk tahun 2019. Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN 2019) untuk SMK / MAK nantinya akan berjumlah 40 pilihan ganda dan 5 soal uraian, dalam waktu 120 menit.
Contoh Soal USBN Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 untuk SMK atau MAK 2019

1.   Seorang sejarawan ketika membaca kitab Pararaton menemukan seorang tokoh yang bernama Ken Arok. Pada mulanya keberadaan tokoh tersebut diragukan kebenarannya. Kemudian sejarawan tersebut membaca Prasasti Mula Manurung dan menemukan juga tokoh Ken Arok, akhirnya diapun yakin bahwa keberadaan Ken Arok tidak diragukan lagi kebenarannya. Langkah penelitian yang dilakukan sejarawan tersebut adalah ....
A.   kritik ekstern
B.   kritik intern
C.   interpretasi
D.   veririkasi
E.    heuristik

2.   Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Setiap kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik, yaitu ....
A.   mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B.   mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu           
C.   mempelajari peristiwa berdasar pembakan suatu masa
D.   penulisan sejarah berdasrkan realitas suatu peristiwa
E.    penulisan sejarah berdasrkan catatan-catan suatu perjalanan

3.   Kehidupan manusia senantiasa mengalami perkembangan. Perkembangan itu dapat disebabkan karena ada interaksi antara manusia dengan manusia dan manusia dengan alam. Pada masa bercocok tanam manusia sudah mulai menetap di suatu tempat dekat dengan alam yang diolahnya. Alam yang dipakai untuk bercocok tanam adalah hutan. Hutan itu ditebang, dibersihkan, kemudian ditanami dengan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, atau pepohonan lainnya yang dibutuhkan oleh manusia atau masyarakat. Masa bercocok tanam dianggap sebagai tonggak kemajuan manusia karena ....
A.   ditemukan rumah-rumah panggung di atas pohon
B.   adanya pembagian tugas pada setiap pekerjaan
C.   manusia purba sudah mengenal api
D.   manusianya telah mengenal kepercayaan
E.    revolusi dari food gathering ke food producing

4.   Majapahit merupakan kerajaan Nasional kedua, kerajaan ini bercorak agraris dan perdagangan. Kerajaan Majapahit tumbuh menjadi negara besar yang menguasai perdagangan dan pelayaran serta mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Faktor Majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah ....
A.   masyarakat Majapahit memiliki kepandaian mengolah lahan pertanian sehingga tanahnya subur
B.   tanahnya subur dan banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, khususnya hasil pertanian utamanya beras
C.   pusat kerajaan di tepi sungal besar yang mudah dilayari sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah
D.   Majapahit terletak di daerah pedalaman dengan hasil perekonomian berupa pertanian
E.    masyarakat Majapahit pada umumnya bermatapencaharian sebagai petani ladang

5.   Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Faktor penyebab Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A.   Hindu terdapat perbedaan status seseorang dalam masyarakat
B.   pengaruh Hindu-Buddha hanya terdapat di kalangan istana
C.   penyebaran agama Islam di masyarakt dilakukan secara damai
D.   ajaran agama Islam mudah dipelajari oleh bangsa Indonesia
E.    keimanan masyarakat Indonesia telah terbentuk sebelumnya

6.   Pengaruh Belanda di Surakarta dan Yogyakarta semakin bertambah kuat pada permulaan abad ke-19. Khususnya di Yogyakarta, campur tangan Belanda telah menimbulkan kekecewaan di kalangan kerabat keraton yang kemudian menimbulkan perlawanan di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Sebab khusus yang melatarbelakangi perlawanan Diponegoro terhadap Belanda adalah ....  
A.   pembuatan jalan yang melalui makam leluhur pangeran Diponegoro
B.   rakyat Tegalrejo menderita akibat pemerasan yang dilakukan oleh Belanda
C.   budaya Barat yang dibawa Belanda ditentang oleh Pangeran Diponegoro
D.   kaum bangsawan yang merasa dikurangi haknya sebagai penguasa
E.    campur tangan Belanda dalam kehidupan istana sehingga merugikan raja

7.   Indische Partij adalah organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat. Organisasi ini berdiri pada tahun 1912 dan organisasi ini bersifat politik. Indische Partij menunjukkan garis politik secara jelas dan tegas serta menginginkan suatu kesatuan penduduk yang multirasial. Hal ini disebabkan karena ....
A.   organisasi ini diketuai  tokoh yang berpendidikan Belanda
B.   Indische Partij menuntut persamaan hak dalam berbangsa
C.   Indische Partij dalam perjuangannya bersikap  moderat
D.   Indische Partij memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
E.    berjuang untuk memperbesar pengaruh pro Hindia Belanda

8.   Penjajahan Barat di Indonesia menyebabkan kekuasaan kerajaan-kerajaan lokal harus tunduk terhadap dominasi bangsa-bangsa Barat. Keadaan ini semakin diperparah dengan politik Belanda yang melaksanakan pax neerlandica yaitu penyatuan wilayah kepulauan Indonesia di bawah kekuasaan Belanda. Namun jika disimpulkan dampak penjajahan Barat bagi kehidupan bangsa Indonesia masa kini di bidang politik  adalah....
A.   lenyapnya pemerintahan pribumi/kekuasaan kerajaan di Indonesia
B.   kerajaan-kerajaan lokal tunduk terhadap dominasi bangsa Barat
C.   Belanda berhasil melaksanakan politik kolonial di Indonesia
D.   dikuasainya satu demi satu kerajaan besar di Indonesia
E.    terbentuknya persatuan dan nasionalisme Indonesia

9.   Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan DPR digantikan oleh KNIP yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk.  Atas usulan KNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal  3 Nopember 1945 tentang pembentukan partai-partai politik. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan keterkaitan antara usulan KNIP dengan pembentukan partai-partai politik adalah ....
A.   keinginan pemerintah membentuk partai politik
B.   memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai
C.   persiapan bagi pembentukan DPR Januari 1946
D.   keinginan pemerintah untuk  membubarkan KNIP
E.    KNIP mempunyai tugas di bidang legislative

10.  Gerakan Non-Blok merupakan gerakan tidak memihak salah satu blok kekuatan di dunia. Setelah Perang Dunia II berakhir dunia terbagi menjadi dua blok, yakni Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika berpaham Liberal. Sementara Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet berpaham Komunis. Kedua blok tersebut saling berlawanan karena perbedaan paham tersebut. Oleh karena itu terdapat beberapa negara yang bersikap netral, salah satunya Indonesia.  Peran apa yang telah dilakukan Indonesia selaras dengan tujuan untuk mengembangkan solidaritas antara sesama negara berkembang dalam mencapai persamaan, kemakmuran, dan kemerdekaan Gerakan Non-Blok?
 A.  Secara konsisten telah mengupayakan pemecahan masalah hutang luar negeri negara-negara miskin.
B.  Menekankan pada kerjasama ekonomi internasional dalam mengisi kemerdekaan yang telah berhasil dicapai.
C.  Membendung pengaruh buruk, baik dari Blok Barat maupun Blok Timur terhadap negara anggota.
D.  Meletakkan titik berat kerjasama pada pembangunan ekonomi untuk negara anggota.
E.  Indonesia telah berhasil menyelesaikan konflik internasional yang merugikan negara-negara anggota.

11.   Seorang sejarawan diharapkan dapat berlaku obyektif atau netral dalam meggunakan data. Suatu peristiwa sejarah memiliki data-data dan laporan-laporan yang jumlahnya sangat banya. Untuk itu diperlukan suatu tahapan  atau langkah verifikasi dalam sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah.fakta menjadi kisah sejarah. Pada tahap verifikasi yang dilakukan oleh sejarawan adalah ....
A.   mengumpulkan dokumen-dokumen peristiwa masa lalu
B.   menafsirkan kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lalu
C.   mengidentifikasi peninggalan-peninggalan budaya masa lalu
D.   mencari kebenaran dari jejak-jejak peristiwa masa lalu
E.    meneliti data-data dari suatu peristiwa yang telah terjadi

12.  Dalam penulisan sejarah, seorang sejarawan mengutamakan penggambaran yang meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktu. Dalam penulisan sejarah, aspek politik, ekonomi, sosial, dan budaya perlu ditampilkan. Berdasarkan ilustrasi tersebut maka sejarawan dalam penulisan sejarah menerapkan cara berpikir ….
A.   periodisasi
B.   sinkronik
C.   diakronik
D.   kronologi
E.    kausalitas

13.  Zaman Neolitikum artinya zaman batu muda. Di Indonesia, zaman Neolitikum dimulai sekitar 1.500 SM. Pada zaman ini kehidupan manusia telah mengalam perkembangan.Cara hidup untuk memenuhi kebutuhannya telah mengalami perubahan pesat, dari cara food gathering menjadi food producing. Bukti dari perkembangan tersebut adalah ....
A.   manusia telah mengenal bercocok tanam dan memelihara ternak.
B.   adanya kelompok-kelompok yang membentuk komunitas tertentu
C.   masyarakat telah mengenal sistem pemerintahan secara sederhana
D.   peninggalan-peninggalan masyarakat berupa batu-batu besar
E.    adanya sampah-sampah dapur yang meninggi dari kulit kerang

14.  Pada masa awal perkembangan Majapahit terutama pada masa pemerintahan Raja Jayanegara,  kerajaan Majapahit sering mengalami pemberontakan yang dilakukan oleh sahabat Raden Wijaya, dimana mereka ini merupakan para pendiri Majapahit. Faktor yang mendorong pemberontakan ini adalah ....
A.   ketidakadilan Jayanegara dalam menempatkan para sahabat Raden Wijaya dalam pemerintahan
B.   ketidakpuasanpara pejabat istana  dalam menjalankan pemerintahan di pusat kerajaan
C.   Raja Jayanegara lebih banyak mementingkan dirinya sendiri dibanding kepentigan rakyat
D.   kurangnya perhatian Raja Jayanegara terhadap kemakmuran rakyat sehingga timbul kelaparan
E.    Raja Jayanegara sering mengadakan perluasan wilayah sehingga banyak daerah yang terabaikan


15.  Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia dapat diterima baik dan cepat oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Secara sosial politik faktor pendorong Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A.  runtuhnya kerajaan Majapahit mempercepat penyebaran agama Islam
B.   terjadinya perselisihan antara kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
C.   banyaknya peperangan yang terjadi di antara kerajaan-kerajaan Hindu
D.   tradisi budaya Hindu-Buddha di Nusantara mulai meredup di Indonesia
E.    penyebaran Islam dilakukan melalui penaklukan kerajaan-kerajaan Hindu

16.   Perang Padri tahun 1803 pada awalnya merupakan perang saudara antara kaum adat dan  kaum Padri (ulama). Adanya keinginan Belanda menguasai Sumatera Barat dengan cara ikut campur ke dalam Perang Padri semakin memperkeruh suasana akhirnya tahun 1833 kaum adat dan ulama bersatu dan  perang ini berubah menjadi perang melawan penjajah Belanda. Sebab khusus yang melatarbelakangi terjadinya perang Padri adalah ....
A.   adanya perebutan pengaruh antara kaum adat dan kaum ulama, kaum adat kemudian meminta bantuan Belanda
B.   campur tangan Belanda yang bertujuan untuk menanamkan pengaruhnya di Sumatera Barat
C.   berkembangnya faham wahabi di Sumatera Barat yang dibawa oleh Haji Miskin sehingga mempengaruhi kaum ulama
D.   terjadinya monopoli perdagangan yang dilakukan oleh Belanda akibat perekonomian rakyat terdesak
E.    timbulnya penderitaan rakyat akibat monopoli perdagangan yang dilakukan pemerintah Belanda

17.   PNI didirikan di Bandung  pada tanggal 4Juli 1924 oleh kaum terpelajar  yang dipimpin oleh  Ir Soekarno. Tujuan organisasi tersebut adalah kemerdekaan Indonesia. Tujuan ini akan dicapai dengan asas percaya pada diri sendiri. Artinya memperbaiki keadaan politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang dirusak oleh penjajah. Dilihat dari tujuan PNI maka strategi perjuangannya adalah ....
A.   bersifat radikal dan menolak kerja sama dengan pemerintah kolonial
B.   bersifat terbuka dan cenderung lunak terhadap pemerintah kolonial
C.   kemerdekaan ekonomi merupakan syarat bagi kemerdekaan politik
D.   kegiatan organisasi kebangsaan mengutamakan perbaikan ekonomi
E.    kemakmuran rakyat merupakan kegiatan utama dari organisasi

18. Pada tahun 1870 bangsa Belanda menerapkan Sistem ekonomi liberal, yang memberi kesempatan pada pihak swasta untuk melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia melalui politik pintu terbuka ( Indonesia dibuka bagi penanaman modal swasta asing). Kebijakan politik ekonomi liberal berdampak pada ekonomi Indonesia saat ini yaitu ....
A.   sumber daya alam Indonesia dieksploitasi secara besar-besaran
B.   sumber daya alam Indonesia banyak dikelola oleh pemodal asing
C.   Indonesia menerapakan sistem perdagangan bebas bagi semua negara
D.   makin berkurangan sumber daya alam Indonesia, karena eksploatasai
E.    tergesernya pengusaha pribumi karena masuknya pengusaha asing


19.  Kondisi ekonomi Indonesia pada awal proklamasi (1945-1950) sangat kacau. Kekacauan ini ditandai adanya inflasi yang sangat tinggi, karena jumlah mata uang Jepang yang beredar tidak dapat dikendalikan. Dilain pihak, kas negara Indonesia juga mengalami kekosongan. Upaya pemerintah untuk mengisi kas negara adalah ....
A.   BI  mengeluarkan ORI 
B.   menasionalisasikan Bank asing
C.   mendevaluasi  uang rupiah
D.   melakukan pinjaman nasional
E.    mengadakan program Plan Kasimo

20. OKI (Organization of Islamic Confrence) merupakan Organisasi Konferensi Islam yang tujuannya antara lain memajukan solidaritas Islam di antara anggota-anggotanya. Contoh peran Indonesia yang paling menonjol dalam OKI adalah ....
A.   mengkonsolidasikan kerja sama di antara negara-negara anggota OKI
B.   berupaya menghapus adanya pemisahan rasial dan diskriminasi
C.   menfasilitasi perundingan damai MNLF dengan pemerintah Filipina
D.   menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri anggota OKI
E.    membawa masalah utama penyelesaian Palestina dalam dunia Islam

Itu tadi contoh Soal USBN 2019 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 untuk SMK atau MAK, saran kami untuk dipelajari dan pahami, siapa tahu nanti ketika USBN 2019 soal yang keluar mirip seperti ini.

Terkait Sejarah Indonesia SMK Soal USBN USBN Lihat Juga

Contoh Soal USBN Sejarah Indonesia Kur 2013 untuk SMK /MAK 2019
4/ 5
Oleh