Materi Permainan Sepakbola (Peraturan, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan Sepakbola)

Sepakbola merupakan merupakan permainan yang amat digemari di Indonesia. permainan sepakbola didefinisikan sebagai permainan yang tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukkan bola, prinsip dalam permainan sepakbola
adalah kerjasama dengan mempelajari sepakbola kalian belajar meningkatkan keterampilan kerjasama.
Permainan sepakbola merupakan jenis permainan bola besar dikatakan demikian karena ukuran bola yang digunakan berukuran besar dibandingkan dengan bola-bola yang lainnya permaian bola besar lainnya bolavoli, bolabasket bola tangan polo air.
Permainan sepakbola dapat dijadikan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan karena permainan ini mengandung banyak keterampilan yang berguna untuk meningkatkan kecepatan, daya tahan, kekuatan, kelincahan, ketepatan, keseimbangan, disamping mengandung banyak nilai-nilai positif untuk mengembangkan sikap dan karakter yang baik, diantarnya:
Kejujuran, ketaatan pada peraturan, disiplin, respek terhadap orang lain termasuk keterampilan bekerjasama.

Peraturan & Teknik Dasar Permainan Sepakbola
Keterampilan dalam permainan sepak bola dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Keterampilan menciptakan skor : passing, kontrol bola, tendangan ke gawang, dan mendukung pembawa bola.
  2. Keterampilan mencegah skor : mengawal lawan (marking), dan merebut bola.
  3. Keterampilan memulai permainan: lemparan ke dalam, tendangan penjuru, dan tendangan bebas.

Cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan teknik permainan sepakbola (mengumpan, menghentikan/mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari buku ini, sumber media cetak atau elektronik, dan atau amati teman yang sedang melakukan teknik permainan sepak bola.
Secara bergantian saling bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan variasi dan kombinasi keterampilan sepakbola, manfaat permainan sepakbola terhadap kesehatan, dan otot-otot yang dominan dipergunakan dalam permainan sepakbola, serta pengetahuan tentang aturan permainan dan
sarana/prasarana untuk permainan sepakbola serta sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran menggunakan permainan sepakbola terhadap pribadi kamu.
Merupakan kenyataan bahwa sepakbola telah menjadi olahraga populer yang diminati sebagian besar warga dunia, sepakbola tidak memiliki batasan ras, politik atau agama dan justru sepakbola mampu membuat manusia sejenak melupakan perbedaan dan perselisihan.
Dalam konteks kecabangan olahraga formal sepakbola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas orang pemain. Permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat tidak lebih dari 15 menit di antara dua babak tersebut juga terdapat water break dalam setiap babak.
Dalam konteks permainan PJOK, cara melakukan permainan sepakbola dapat disederhanakan (dimodifikasi) baik jumlah pemain ukuran lapangan, ukuran gawang dan jenis serta ukuran bola.
Materi permainan sepakbola ini harus kamu pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan) mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, mau menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Ukuran Lapangan Sepakbola
Berikut ini standart ukuran lapangan sepakbola yang umum digunakan diberbagai negara.

Demikian tadi informasi singkat mengenai materi permainan sepak bola yang umum diterapkan di berbagai negara di seluruh dunia. semoga bermanfaat dan mohon untuk share melalui fb, tweet, gplus ataupun sosial media lainnya ya..!

Terkait Materi SMA/SMK PJOK Sepakbola Lihat Juga

Materi Permainan Sepakbola (Peraturan, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan Sepakbola)
4/ 5
Oleh