Ciri Khusus Makhluk Hidup

A. Ciri Khusu pada Hepan
1. Kelelawar
- Kelelawar banyak dijumpai di gua yang sangat gelap.
- Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan sistem sonar.
- Kelelawar menguluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin.
- Kemudian, ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarannya.

- Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi.
- Ciri khusus lain dari kelelawar adalah kemampuan terbangnya.
- Hewan mamalia ini dapat terbang karena memiliki selaput kulit yang tipis terdapat di antara tulang lengannya.
- Ciri lain yang dimiliki hewan ini, yaitu posisi tidur siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.

2. Cecak
- Cecak termasuk hewan melata.
- Cecak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur paralel. dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cecak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.
- Ciri lain dari cecak adalah kemampuan memutuskan ekornya. Hal ini dilakukan cecak untuk melindungi diri dati musuhnya.
- Untuk memperoleh makanan, cecak memiliki ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.


3. Bebek
- Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air.
- Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.
- Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar.
- Hewan ini mempunyai ciri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.




4. Unta
Unta merupakan salah satu "makhluk hidup istimewa". hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun.
Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. selain itu, unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
- Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata.
- Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindung dari debu dan pasir.
- Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalama kesulitan makanan dan kelaparan. Dengan demikian, unta dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air.
- kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus "diciptakan" untuk membantu perjalanan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung.
- kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.


B. Ciri Khusus pada Tumbuhan
1. Kaktus
Kaktus hidup di tempat yang kering. Oleh kaarena itu, tumbuhan ini dikelompokkan ke dalam tumbuhan Xerofit. Untuk dapat tetap hidup di tempa yang kering, kaktus memiliki ciri khusus:
- Memiliki daun yang berbentuk duri. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya.
- Tempat fotosintesis digantikan oleh batang.
- Batang kaktus memiliki klorofil untuk dapat melakukan fotosintesis.
- Selain itu, batang kaktus menjadi besar dang menggembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air.
- Akar kaktus umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin.


2. Teratai
Teratai hidup di air, umunya di kolam. karena keindahan bunganya, tumbuhan ini menjadi salah satu tanaman hias yang banyak digemari.
- Teratai dapat hidup di lingkungan air.
- Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Ciri khusus ini digunakan untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam tubuhnya.
- Daun yang tipis juga merupakan salah satu cara agar daun tumbuhan ini dapat terpung di atas air.

- Batang teratai berongga yang berfungsi sebagai jalan keluar udara. Batang yang berongga menjadikan teratai terapung di air.
- Bagian daun dan bunga selalu berada di atas permukaan air, sedangkan batang dan akar berada di dalam air.
- Akar teratai berada di dasar air. Aar ini menambatkan diri dengan kuat di dalam lumpur di dasar air. Hal ini berguna untuk menahan teratai dari hempasan arus air.

3. Kantung semar
Selain bunga bangkai, ada tumbuhan lain yang juga memakan serangga. Tumbuhan tersebut adalah kantung semar.
- Tumbuhan ini hidup di daerah rawa yang miskin akan kandungan mineral nitrogen. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, kantung semar memperolehnya dari serangga.
- Bagian bunga kantung semar mengeluarkan madu untuk menarik perhatian serangga.
- Selain itu, pada salah satu daun kantung semar, berubah menjadi berbentuk kantung dengan warna yang mencolok perhatian serangga untuk hinggap. Pada bagian dalam kantung ini terdapat lapisan yang lengket. Jika ada serangga yang hinggap pada kantung ini maka akan terpeleset ke dalam kantung dan tidak dapat keluar lagi. Serangga tersebut di cerna oleh kantung semar untuk memenuhi kebutuhan nitrogen.

Terimakasih, semoga materi ini bermanfaat berguna untuk menambah pengetahuan kita.

Terkait Materi SMA/SMK Materi SMP/MTs SD/MI Lihat Juga

Ciri Khusus Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh